Tahap Keberlanjutan Kepengurusan dan Kepengawasan CUPS Periode 2014-2017


“Manajemen Perubahan sangat penting dalam sebuah organisasi yang berimplikasi pada maju-mundurnya sebuah organisasi” begitu ungkap Rheinald Kasali-Dosen UI dan Pendiri Rumah Perubahan.
Perubahan dan dinamikanya tentu terjadi juga dengan Credit Union, tanpa terkecuali. Seperti halnya dengan suksesi/pergantian kepengurusan-kepengawasan yang dilaksanakan saat RAT Pleno Tahun buku 2013.
Belajar dari pengalaman dan referensi organisasi yang maju dan berkembang dengan baik maka pergantian pengurus dan pengawas pun perlu dibuat mekanisme yang jelas. Tentu ada alasan agar proses sustainable leadership berjalan dengan baik, tanpa konflik kepentingan serta pemahaman bersama pada nilai-nilai luhur dari pendirian Credit Union itu sendiri.
Memang kepengurusan periode 2011-2014 akan segera berakhir dan digantikan dengan kepengurusan periode 2014-2017 yang dipilih saat RAT Pleno pada 23 Febuari 2014. Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut ditangani oleh PANSEL Calon Pengurus-Pengawas yang dipilih saat RAT Tahun Buku 2012 yang lalu. Dimana Ketua Pansel : Redemptus Musa Narang, Sekretaris : Martinus, Anggota Ign. Sunarto dan Hera Prihatwati.
Tahapan pun telah dilaksanakan mulai dari pengumuman, seleksi administrasi dan pengumuman calon yang diterima. Untuk langkah berikutnya dilaksanakanlah kegiatan orientasi yang dilaksanakan Pansel Calon Pengurus-Pengawas Periode 2014-2017 berupa kegiatan DIKLAT maka diselenggarakan 6 tahapan rangkaian DIKLAT antara lain :
1. CUDCC, tanggal 11-14 Juli 2013 dengan Fasilitator Munaldus (Ketua PUSKHAT-Pengurus INKOPDIT)
2. Tata Kelola, tanggal 9-11 Agustus 2013 dengan Fasilitator Yohanes RJ (GM CU Keling Kumang)
3. Pembukuan CU, Tanggal 13-15 September 2013 fasilitator Iwan Erlianto (Kadep Keuangan CU KK)
4. Pengawasan Audit, Tanggal 4-6 Oktober 2013 dengan Fasilitator Yuspita Karlena (Manager PUSKHAT)
5. TOF PD, Tanggal 13-15 November 2013 dengan Fasilitator Paulus Florus (Penasehat Puskhat)
6. Manajemen Kredit, Tanggal13-15 Desember 2013 dengan Fasilitator Maman Sujiman (Kadep Kredit CUKK)
Kegiatan ini sangat bermanfaat selain meningkatkan kapasitasitas dari masing-masing calon juga menjadi sarana pengenalan dan akselerasi dari tiap calon sehingga diharapkan ketika terpilih kelak akan lebih memudahkan dalam menyusun serta menjalankan program pengurus-pengawas yang baru dengan baik.
Tahap berikutnya adalah Rekoleksi Calon Pengurus-Pengawas pada 4-5 Januari 2014 yang banyak membahas mengenai hakekat dari semangat melayani, kepemimpinan, team work dan pembekalan spiritual.
Berikutnya tinggal proses pemilihan yang akan dilaksanakan saat RAT Pleno pada tanggal 23 Februari mendatang dengan melibatkan utusan/perwakilan tiap Tempat Pelayanan. Berikut beberapa dokumentasi kegiatan oleh PANSEL……..

Diklat keuangan
Diklat Manajemen Keuangan

 

audit
Diklat Manajemen Audit

 

TOF
Diklat Training of Facilitator

 

retreat 1
Suasana Keakraban saat Rekoleksi

 

retreat 2
Rekoleksi Bersama

 

pansel
R. Musa Narang-Ketua PANSEL

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.