Ayo Aktif Ikut Vaksinasi


Suasana Vaksinasi Covid 19 di Pendopo Bupati, Selasa 22/06/2021

“Ayo Ikut Vaksin, Aman Kog!” seru salah satu warga didepan banner Saya Sudah Vaksin di pendopo Bupati Ketapang, Selasa 22 Juni 2021, saat didokumentasikan rekannya dengan gadged-nya. Ia mengaku sengaja membuat konten video itu untuk dikirim ke sanak familinya agar mau divaksin. “Supaya mereka jangan takut-takutlah, karena hal ini penting”, tegasnya singkat.

Di bagian lain terlihat antrian warga yang mengikuti tahapan vaksin. Ada yang baru mendaftar, ada yang masih menunggu dan ada yang sedang divaksin serta ada yang menunggu hasil observasi setelah vaksin. Terlihat mereka mengikuti dengan tertib dan mengindahkan protokol Kesehatan yang digariskan oleh Dinas Kesehatan Ketapang.

Tahap pelaksanaannya pun relatif singkat dan berjalan lancar. Kebetulan hari itu jadwal bagi staf CUPS Kantor Pusat untuk melaksanakan vaksin tahap kedua. Mulai dari pendaftaran administrasi yang disesuaikan dengan layanan fasilitas kesehatan masing-masing, tahap pemeriksaan kesehatan lewat wawancara dan pengecekan tensi serta suhu tubuh, kemudian dilanjutkan dengan tahap suntik vaksin hingga observasi paska vaksin.

Albertin Tri Kurniasih, S. SI. APT yang juga Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Ketapang mengungkapkan harapannya agar masyarakat berpartisipasi aktif untuk mengikuti kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan bertahap ini. “Kita berharap masyarakat semua ikut aktiflah dalam program ini sebagai bagian peran kita bersama-sama untuk menghadapi pandemi Covid 19 ini”, harapnya di sela-sela kegiatan vaksinasi.

Aina salah satu peserta yang telah divaksin tahap dua mengungkapkan pengalamannya mengikuti vaksin. “Awalnya agak takut juga, tapi dengan mendapat info yang benar dan melihat informasi betapa pentingnya mengikuti vaksin ini, ya ikut juga, dan saya merasa aman-aman saja, jadi bagi teman-teman yang belum vaksin jangan takut dan mari berpartisipasi-lah”, ungkapnya disela-sela menunggu rekannya yang sedang vaksin.

Kita tahu saat ini angka penyebaran covid 19 di Indonesia sedang mengalami kenaikan. Data per 23 Juni, di Indonesia ada 2.033.421 orang yang positif Covid 19. Saat ini berbagai upaya pemerintah untuk mengendalikan penularan telah dilakukan. Butuh peran kita bersama untuk mendukung hal itu, salah satunya juga dengan mengikuti program vaksinasi. (Red)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.